AMI Online

Audit Mutu Internal (AMI) Online adalah Sistem Informasi yang dikembangkan oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PP3MP) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) yang akan membantu kinerja dalam hal Audit Mutu Internal di lingkungan Poliban. Sistem dikembangkan tetap merujuk pada proses bisnis Audit Mutu Internal yang telah berjalan, mulai dari User yang terkait seperti Jurusan, Program Studi, Unit, Bagian, sampai dengan Pusat yang ada di lingkungan Poliban. Pelaksanaan AMI melibatkan Auditor dan Pimpinan Poliban, dimana proses bisnis pelaksanaan AMI dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Proses Bisnis AMI

Gambar 1 secara bertahap dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Audit Mutu Internal (AMI) yang di lingkungan Poliban dilaksanakan secara reguler setiap akhir tahun.
  2. Pelaksanaan AMI dimulai dengan terbitnya SK Penugasan Auditor dari Pimpinan Poliban untuk melaksanakan AMI.
  3. Selanjutnya PP3MP mendistribusikan SK Penugasan Auditor dan sekaligus menyampaikan jadwal pelaksanaan AMI baik kepada Auditor maupun Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat serta pihak terkait lainnya.
  4. Tahap selanjutnya Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat sebagai Auditi melakukan pengisian Laporan Evaluasi Kinerja Unit (LEKU) yang templatenya dapat diunduh di AMI Online. Jika LEKU sudah selesai dikerjakan, maka dapat diunggah ke AMI Online.
  5. Operator PP3MP melakukan verifikasi kelengkapan isian LEKU yang telah diunggah di AMI Online. Jika lengkap, maka Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu Asesmen Mandiri. Akan tetapi jika belum lengkap, maka Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat tidak dapat melanjutkan proses selanjutnya yang artinya LEKU harus diperbaiki terlebih dahulu.
  6. Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat melakukan Asesmen Mandiri (AM) sesuai isian yang ada di AMI Online.
  7. Auditor melakukan Asesmen Kecukupan (AK) setelah Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat selesai mengisi AM.
  8. Operator PP3MP meverifikasi kelengkapan isian dari AM dan AK yang sudah tersimpan di AMI Online.
  9. Operator PP3MP menyajikan Laporan AK kepada Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat dan Pimpinan.
  10. PP3MP mengfasilitasi Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) atas laporan AK yang telah ada.
  11. Auditor melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) setelah dilaksanakannya RTM yang secara garis besar memberikan arahan kepada Jurusan/Program Studi/Unit/Bagian/Pusat untuk melakukan perbaikan jika ada hal-hal yang kurang.
  12. Operator PP3MP meverifikasi kelengkapan isian dari hasi AL. Selanjutnya mendistribusikan Laporan Akhir AMI dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan.
  13. Operator PP3MP mendokumentasikan semua Laporan AMI.
  14. Siklus akan terus berulang secara berkelanjutan pada akhir tahun.

Untuk dapat menjalankan AMI Online silakan kunjungi http://ami.poliban.ac.id